Meniran
by admin

MENIRAN

Meniran (Phyllanthus niruri) dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, seperti penyakit infeksi, hipertensi, diabetes, hepatitis, radang sendi, bahkan HIV.
Meniran diyakini mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Ekstrak meniran diambil dari akar dan daunnya. Meniran diolah dan didistribusikan secara luas sebagai obat herbal, baik diproduksi dalam jumlah besar oleh industri obat, maupun skala kecil oleh industri rumah tangga

Tidak hanya Indonesia, masyarakat dunia, khususnya India dan Cina juga banyak menggunakan meniran untuk mengobati penyakit. Beberapa penelitian telah menguji potensi meniran sebagai obat untuk hepatitis, tuberkulosis, lepra, anemia, penyakit pernapasan (bronkitis dan asma), serta batu ginjal. Selain itu, manfaat meniran sebagai anti-kanker, khususnya kanker serviks, kulit, dan kanker hati juga marak diteliti.

Tanaman ini tumbuh tegak (vertikal) dengan tinggi 30–50 cm dan berdaun majemuk. Batangnya berwarna pucat dan daun-daunnya berbentuk lonjong dengan ujung tumpul, berukuran sekitar 15×7 mm. Pada bagian bawah daun, dapat terlihat biji-biji berbentuk bulat dan berwarna hijau.

Menjaga dan meningkatkan
sistem imun tubuh

Penelitian yang dilakukan telah menyimpulkan bahwa meniran berperan dalam menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh. Tanaman ini dapat meningkatkan kerja sel makrofag. Sel ini adalah salah satu sel imun tubuh yang bertugas untuk mengenali benda asing di dalam tubuh dan mengaktifkan sel-sel imun lainnya. Hal ini menjelaskan khasiat meniran untuk penyakit jenis infeksi.

Mempercepat proses
eliminasi bakteri

Pemberian ekstrak meniran akan mempercepat proses eliminasi bakteri dan meningkatkan respon simunitas tubuh. Kandungan flavonoid dan phenol pada meniran juga diketahui dapat melawan radikal bebas sehingga bermanfaat menjaga sel-sel normal tubuh dari kerusakan.

Meniran sebagai terapi kanker?

Pada artikel lain sempat dibahas mengenai peran system imun dalam proses karsinogenesis (proses terjadinya kanker). Secara singkat, pada proses terjadinya kanker, terjadi mutasi gen pada sel-sel tubuh. Akibatnya, sel ini menjadi ‘abadi’ alias ‘imortal’ dan terus membelah diri. Sel yang mengalami mutasi gen ini secara normal akan dikenali oleh system imun tubuh dan dieliminasi. Namun pada beberapa kasus, sel kanker memiliki kemampuan untuk bersembunyi dari sel imun. Sel kanker ini justru memanfaatkan dan memperdaya sel-sel imun untuk memfasilitasi pertumbuhan dan penyebaran kanker.

Dengan ‘memperkuat’ fungsi sel-sel imun penderita untuk mengenali dan melawan sel kanker, diharapkan tidak terjadi perburukkan penyakit lebih lanjut. Kemampuan meniran untuk meningkatkan kerja dan respons sel imun secara teori dapat membantu mencegah perkembangan kanker. Beberapa jenis kanker terjadi akibat infeksi virus tertentu, misalnya virus hepatitis B dapat berkembang menjadi kanker hati dan human papilloma virus (HPV) berpotensi menjadi kanker serviks (mulut rahim). Meniran bermanfaat untuk memperkuat system imun dan membunuh virus secara langsung. Secara teori, hal ini dapat mencegah kemunculan kanker yang diakibatkan infeksi virus

Selalu baca label. Ikuti petunjuk penggunaan. Jika gejalanya menetap, bicarakan dengan ahli kesehatan Anda..

“Menjadi bagian dari sistem pencernaan, membuat fungsi lambung sangat penting. Nutrisi pada makanan dan minuman yang kita konsumsi akan masuk ke dalam lambung, diolah, serta disimpan sementara sebelum diedarkan ke seluruh tubuh. Cari tahu lebih lanjut bagaimana Fibrolivit dapat membantu Anda.”