Jintan Hitam
by admin

JINTAN HITAM

Jintan Hitam (Nigella sativa) mengandung timokuinon, timohidrokuinon, ditimokuinon, thymol, carvacol, nigellicin, nigellidin, nigellimin-N-oxyfedan alpha-hedrin memiliki efek sebagai antioksidan, menghambat radikal bebas pada pasien sinusitis.
Jintan hitam mempunyai sifat anti inflamasi, antioksidan, mengurangi endapan kalsium oksalat pada tubulus ginjal dan mampu memperbaiki kerusakan sel pada ginjal, meningkatkan motilitas dan jumlah sperma dan mempunyai efek anti aterogenik pada penderita hiperkolesterolemik.

Nigella sativa atau dikenal jintan hitam, termasuk dalam suku Ranunculaceae. Tanaman jintan hitam tumbuh di sekitar kawasan Mediterania, Asia Barat, India, Pakistan, Bangladesh, Afrika Timur dan Eropa Tengah. Menurut Vonderman, jintan hitam didatangkan ke Indonesia dari Bombay.

Jintan hitam merupakan tanaman herba tegak dengan tinggi mencapai 70 cm. Batang memiliki banyak percabangan. Susunan daun berseling, mempunyai tangkai daun yang kuat dan berbulu halus. Umumnya daun berwarna hijau dan kadang-kadang berubah menjadi cokelat kemerahan. Buah jintan hitam berbentuk bumbung, keras seperti buah buni, menggembung, berisi 3-7 unit folikel yang masing-masing berisi banyak biji. Bagian tanaman yang biasa dimanfaatkan adalah bijinya. Biji jintan hitam kecil dan pendek, berwarna hitam, berbentuk trigonal, berkelenjar dan tampak seperti batu.

Mencegah sinusitis tidak kambuh

Dalam pengobatan sinusitis, kombinasi antara Ananas comosus dan Nigella sativa bersifat sinergis, dengan strovit yang dapat mengobati gejala, menyembuhkan sinusitis, dan pengobatan sinusitis setelah pembedahan untuk mencegah agar sinusitis tidak kambuh kembali.

Menetralkan kerusakan sel tubuh

Berfungsi sebagai antioksidan, melindungi sel-sel dan mempercepat proses penyembuhan luka, mengatur ekspresi dalam limfosit dan protein

Manfaat Jintan Hitam

Nigella sativa mengandung timokuinon, timohidrokuinon, ditimokuinon, thymol, carvacol, nigellicin, nigellidin, nigellimin-N-oxyfedan alpha-hedrin memiliki efek sebagai antioksidan, menghambat radikal bebas pada pasien sinusitis. Kandungan minyak atsiri pada Nigella sativa memiliki manfaat sebagai antibakteri. Kandungan timokuinon dan nigellon dalam minyak jintan hitam berguna sebagai anti-inflamasi, anti-histamine dan meningkatkan system kekebalan tubuh. Kandungan dan efektivitas jintan hitam dapat digunakan untuk pengobatan sinusitis.

Selalu baca label. Ikuti petunjuk penggunaan. Jika gejalanya menetap, bicarakan dengan ahli kesehatan Anda..

“Tahukah Anda bahwa gejala sinusitis akut biasanya berlangsung antara 4-12 minggu. Sinusitis umumnya disebabkan oleh flu biasa yang mengakibatkan infeksi virus. Pada umumnya, sinusitis akut dapat diobati di rumah, tetapi jika tidak kunjung sembuh maka dapat berkembang menjadi infeksi dan komplikasi serius. Cari tahu lebih lanjut bagaimana Strovit dapat membantu Anda.”