Buah Nanas
by admin

BUAH NANAS

Buah nanas (Ananas comusus) memilki kandungan serat, Enzim dan Zat-zat yang diperlukan oleh tubuh untuk menurunkan kolesterol dalam darah, mengurangi resiko terjadinya diabetes dan penyakit jantung.
Kandungan serat pada nanas sekitar 150 gram setara dengan setengah dari jeruk. Selain itu memiliki kandungan salah satunya yaitu mineral. Nanas juga dijadikan sebagai sumber vitamin C.

Tanaman nanas adalah tanaman buah yang bersemak yang mempunyai nama ilmiah Ananas comusus dalam bahasa Inggris (pineapple) dan Spanyol menyebut tanaman pina. Pada abad 16 orang Spanyol membawa nanas ke semenanjung Malaysia dan Filipina, dan pada abad ke 15 masuk ke Indonesia.

Tanaman Nanas mempunyai batang yang pendek letaknya tertutup oleh daun-daun dan akar tanaman. Panjang dari batang tanaman nanas diantara 20 cm sampai 30 cm, batang bagian bawah tanaman nanas berukuran sekitar 2 cm sampai 3,5 cm sedangkan pada batang bagian atas sekitar 5,5 cm sampai 6,5 cm kemudian pada bagian atas meruncing. Batang tanaman nanas memiliki ruas-ruas pendek, bisa terlihat jika daunnya dilepas atau gugur. Panjang ruas tersebut antara 1mm sampai 10 mm.

Mengembangkan jaringan sel baru

Penelitian menunjukkan albumin dibutuhkan untuk perkembangan jaringan sel baru seperti akibat luka dan penyembuhan luka pasca operasi (Evi Fitriyani, 2014).

Mempercepat  proses  penyembuhan luka

Berfungsi sebagai antioksidan, melindungi sel-sel dan mempercepat proses penyembuhan luka, mengatur ekspresi dalam limfosit dan protein

Penelitian ilmiah pada buah nanas

Nanas 100 g mengandung karbohidrat sebanyak 12,63 g , serat 1,4 g, protein 0,54 g, riboflavin (vit. B2), niacin (vit. B3), kalsium 13 mg (1%), zatbesi 0,28mg (2%), fosfor 8 mg (1%), magnesium 12 mg (3%), zinc 0,10 mg (1%). Nanas juga mengandung enzim bromelain yang dapat digunakan sebagai anti-inflamasi. Dan memilki kandungan vanilin, asam n-valeriani, metil-propilketon, asam isokopronat, asam β- metiltiopropionatmetilester (danetil ester) dan mengandung beta-karoten.

Enzim bromelain merupakan salah satu jenis enzim protease sulfhidril yang mampu menghidrolisis ikatan peptide pada protein atau polipeptida menjadi molekul yang lebih kecil yaitu asam amino. Enzim ini terdapat pada tangkai, kulit, daun, buah, maupun batang tanaman nenas dalam jumlah yang berbeda. Presentase enzim bromelain terbesar terletak pada batang buah nanas sebanyak 0,100 – 0,600 %.

Enzim bromelain memilki berbagai manfaat pada kesehatan yaitu mengatasi pembengkakan/inflamasi dan iritasi. Beberapa riset menunjukkan bahwa enzim bromelain dapat menurunkan inflamasi, mengobati memar, mempercepat waktu penyembuhan, dan mengurangi ketidak nyamanan setelah tindakan pembedahan, membantu mengurangi batuk dan mengurangi lender terkait dengan sinusitis, serta mengurangi pembengkakan dan kemerahan yang menyertai demam pada sinusitis.

Selalu baca label. Ikuti petunjuk penggunaan. Jika gejalanya menetap, bicarakan dengan ahli kesehatan Anda.

“Tahukah Anda bahwa gejala sinusitis akut biasanya berlangsung antara 4-12 minggu. Sinusitis umumnya disebabkan oleh flu biasa yang mengakibatkan infeksi virus. Pada umumnya, sinusitis akut dapat diobati di rumah, tetapi jika tidak kunjung sembuh maka dapat berkembang menjadi infeksi dan komplikasi serius. Cari tahu lebih lanjut bagaimana Strovit dapat membantu Anda.”