Hasil analisis Ifalmin menggunakan metode analisis Spektrofotometer-DiaSys

Hasil analisis Ifalmin menggunakan metode analisis Spektrofotometer-DiaSys
by admin

Hasil analisis yang dilakukan di Laboratorium Fisiologi Struktur dan Perkembangan Hewan, jurusan Biologi FMIPA Universitas Brawijaya pada sampel Ifalmin dengan menggunakan metode analisis Spektrofotometer-DiaSys

Penelitian Ifalmin

  1. Hasil analisis yang dilakukan di Laboratorium Fisiologi Struktur dan Perkembangan Hewan, jurusan Biologi FMIPA Universitas Brawijaya pada sampel Ifalmin dengan menggunakan metode analisis Spektrofotometer-DiaSys:

  1. Hasil pengujian kadar protein dengan parameter suhu menunjukkan semua perlakuan Ekstrak Ikan toman memiliki kandungan Protein. (Evi Fitriyani, 2014)

  1. Hasil pengujian Kadar Albumin dengan parameter suhu menunjukkan hasil tiap-tiap perlakuan memiliki kadar albumin. Albumin dibutuhkan untuk perkembangan jaringan sel baru seperti akibat luka dan penyembuhan luka pasca operasi. (Evi Fitriyani, 2014)

  1. Dilakukan pengujian kandungan Albumin pada serum darah mencit yang diberikan serbuk vacuum drying ekstrak ikan toman menunjukkan hasil peningkatan kadar albumin pada mencit tertinggi pada hari ke-5 dengan dosis 1.5 g . (Firlianty, 2016)
  2. Dilakukan pengujian kandungan Zn pada serum darah mencit yang diberikan serbuk vacuum drying ekstrak ikan toman menunjukkan hasil bahwa terdapat perbedaan signifikan level Zn berbagai dosis pada proses penyembuhan luka setelah hari ke-5 dan 10. (Firlianty, 2016)

Zn yang terdapat pada ikan juga memiliki fungsi yang penting sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel-sel, mempercepat proses penyembuhan luka, mengatur ekspresi dalam limfosit dan protein, memperbaiki nafsu makan dan stabilasasi berat badan (Gibson S, 2005)

  1. Hasil penelitian menunjukkan persen penyembuhan luka pada tikus terbaik pada dosis 1.5 g dengan penyembuhan sebesar 83.5% pada hari ke-5 dan 100 % pada hari ke-10.(Firlianty, 2016)

 

  1. Hasil penelitian menunjukkan , albumin dan zn tertinggi ada pada ikan toman dengan persentase 5.35% dan 2.59%. Protein pada kedua ikan tidak berbeda signifikan. Kegunaan Zn ialah perbaikan sistem imun dan sebagai mediator kekebalan tubuh terhadap infeksi.(Firlianty et al, 2013)

  1. Kandungan Filtrate dan Flesh albumin pada ikan toman berada pada level yang paling tinggi dibandingkan family Channidae lainnya. (Firlianty et al, 2013)

  1. Serbuk ikan toman (Vacum drying dan Freeze drying) memiliki jumlah asam amino yang tinggi dibandingkan dengan serbuk ikan gabus. (Firlianty et al, 2014)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *